Perguruan Tinggi Harus Berinovasi Untuk Ciptakan Lulusan Berkualitas Internasional

By Admin

nusakini.com--Pendidikan merupakan kunci utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualifikasi dan berkompeten. Sebagai salah satu perguruan tinggi nasional, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang merupakan fasilitas untuk menimba ilmu bagi para generasi muda pendidik harus bisa memberikan program dan kurikulum yang mumpuni agar dapat menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dan siap pakai dalam persaingan global. 

"Perguruan tinggi harus ciptakan inovasi, baik di bidang program maupun teknologi, sehingga menghasilkan lulusan berkualitas internasional," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saat memberikan arahan dalam acara Seminar Nasional Riset Expo dan Munas Ikapenfi yang bertema Membangun Identitas Bangsa Melalui Pendidikan dan Riset : Peran Pendidik Pendidikan Nonformal dan Informal dalam Mewujudkan Revolusi Mental di Aula Latief, Universitas Negeri Jakarta Selasa (23/5). 

Menteri Asman meminta UNJ untuk segera menerapkan sistem teknologi E-Learning secara komprehensif sehingga para mahasiswa menguasai teknik IT dan tidak lagi menggunakan sistem belajar yang konvensional. 

Terlebih lagi dengan jumlah 40 profesor yang dimiliki UNJ saat ini, MenPANRB meminta komitmen tinggi para tenaga pendidik atau dosen yang bekerja untuk memberikan dedikasinya dalam mengajar para generasi muda sehingga mereka bener-benar mendapatkan ilmu yang berkualitas. 

Dalam kesempatan ini, Menteri Asman juga menyatakan rasa prihatinnya, karena saat ini jumlah publikasi internasional yang diterbitkan oleh para peneliti di Indonesia masih dalam posisi 11 diantara negara-negara kawasan Asia. 

"Tantangan yang dihadapi para scholar di Indonesia banyak, antara lain terbatasnya anggaran penelitian, kurangnya lapangan pekerjaan, belum memadainya fasilitas penelitian , dan yang paling utama masih minimalnya dukungan perguruan tinggi untuk melakukan penelitian," ujar Menteri PANRB. 

Untuk itu, Menteri Asman meminta Perguruan Tinggi menjadi Motor Perubahan dalam dunia pendidikan dan penelitian di Indonesia dengan menciptakan inovasi Baru yang dapat mewujudkan Indonesia bersaing secara internasional dengan negara-negara lainnya, terutama di kawasan Asia. 

Hadir dalam seminar ini para PNS JFT Penilik, Guru, dan Pendidik Luar Sekolah lulusan UNJ dari berbagai wilayah di Indonesia, para mahasiswa UNJ serta para pejabat rektorat UNJ. (p/ab)